Indonesia Menjadi Tuan Rumah Perundingan Antara Korut Dan AS ?


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku sudah menyampaikan tawaran kepada Amerika Serikat terkait rencana Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden AS Donald Trump.Agen BandarQ

"Sudah mulai disampaikan," kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/4/2018)
Tawaran yang sama juga ditawarkan ke Korea Utara. Kini, menurut dia, Indonesia masih menunggu tanggapan dari kedua negara tersebut. "Jika dikehendaki kedua belah pihak," ucap Retno.

Namun, Retno belum mau mengungkapkan lokasi rencana pertemuan Kim Jong Un dengan Trump. Untuk langkah awal, sambung Retno, saat ini Indonesia mendukung langkah Korea Utara dan Korea Selatan yang akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bersama pasca-kesepakatan damai.

"Belum, jangan terlalu ke situ. Yang diutamakan adalah dukungan terhadap proses KTT dan kita mengharapkan implementasinya," ujar Retno.

Tawaran Jokowi



Presiden Jokowi menawarkan diri menjadi tuan rumah pertemuan antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serika Donald Trump.Agen BandarQ

Tawaran ini disampaikan Jokowi saat menerima kedatangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il.

"Kami menawarkan apabila ada yang rencana pertemuan antara Presiden Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump untuk bisa dilaksanakan di Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/2018).

"Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan itu," sambung dia.

Namun, Jokowi mengaku belum mendapat jawaban dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il dalam pertemuan tadi. Menurut Jokowi, An Kwang akan menyampaikan tawaran itu ke Kim Jong Un.Agen BandarQ

"Ya belum. Beliau masih menyampaikan ke sana terlebih dulu," ungkap Jokowi

No comments

Powered by Blogger.